Manfaat Akar Manis untuk Perawatan Kulit: Cara Manis untuk Kulit Lebih Baik

Manfaat Akar Manis untuk Perawatan Kulit: Cara Manis untuk Kulit Lebih Baik

Licorice atau akar manis adalah akar herbal yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai makanan dan obat-obatan. Bahan aktif dalam akar manis, glycyrrhizin, membuat rasanya menjadi manis.

Dalam makanan, akar manis umumnya digunakan sebagai penyedap, terutama dalam permen dan kue. Itu juga dapat diseduh menjadi teh atau ditambahkan ke kopi untuk minuman manis dan aromatik. Jika Anda ingin menambahkan rasa manis pada makanan atau mencari obat alami, akar manis  adalah jawabannya.
Licorice mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan. Akar manis juga mengandung zat anti-inflamasi alami, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan. Ekstrak akar manis juga merupakan pencerah kulit alami, sehingga dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Jika Anda mencari cara alami untuk meningkatkan perawatan kulit Anda, pertimbangkan untuk menambahkan akar manis ke dalam rutinitas Anda!

‍Apakah Akar Manis?
Tanaman akar manis (Glycyrrhiza glabra) adalah anggota keluarga kacang polong yang berasal dari Eropa selatan dan Asia dan dikenal tumbuh secara luas di Indonesia. Tanaman ini tumbuh hingga ketinggian 2-3 kaki dan memiliki bunga ungu kecil.
Tanaman licorice mengandung banyak senyawa yang bermanfaat, termasuk glycyrrhizin, licochalcone, dan isoflavon. Glycyrrhizin adalah senyawa yang memberikan rasa manis pada akar manis serta efek terapeutiknya. Licochalcone adalah flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Isoflavon adalah fitoestrogen yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi peradangan.
Akar manis telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan Ayurveda karena khasiat penyembuhannya. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, akar manis sering digunakan untuk mengobati masalah perut, bronkitis, dan sakit tenggorokan. Dalam pengobatan Ayurveda, akar manis digunakan untuk mengobati masalah pernapasan, masalah pencernaan, dan kondisi kulit.

Indonesia terkenal dengan ramuan kecantikannya yang alami, dan salah satu bahan yang paling populer adalah akar manis. Jamu, obat herbal tradisional Indonesia, sering menggunakan akar manis sebagai pencerah and mengatasi keriput pada wajah. Kayu Manis kaya akan antioksidan dan telah terbukti membantu memperbaiki bintik hitam dan garis halus, juga dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Ketika digunakan secara rutin, akar manis dapat membantu menenangkan peradangan dan mengurangi kemerahan. Di Indonesia, jamu telah digunakan selama berabad-abad sebagai cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. dan berkat kombinasi bahan-bahan alami yang kuat, Jamu menjadi semakin populer di seluruh dunia sebagai alternatif alami untuk perawatan kulit secara konvensional.


‍Manfaat akar manis untuk kulit:
Akar manis tidak hanya memiliki banyak khasiat obat yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi senyawa kimia yang secara alami ditemukan dalam akar manis juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit Anda. Teruskan membaca artikel ini untuk mengetahui alasan mengapa akar manis harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda!

1. Meratakan warna kulit

‍Ketika kita berbicara tentang mengatasi hiperpigmentasi, Hydroquinone sering muncul sebagai standar emas pencerah kulit. Hydroquinone adalah agen pemutih kulit yang biasa digunakan untuk meringankan area hiperpigmentasi dan perubahan warna (seperti bintik-bintik, melasma, garis-garis penuaan, dan bekas jerawat). Senyawa fenolik aromatik telah digunakan sebagai zat pemutih selama lebih dari 50 tahun. Namun, keamanan dan toksisitasnya telah dipertanyakan dalam dua dekade terakhir. Hydroquinone memang memiliki beberapa efek samping yang berbahaya, seperti iritasi kulit, kemerahan, dan rasa terbakar. Dalam beberapa kasus, itu juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang lebih buruk.
Akar manis adalah alternatif yang aman dan alami untuk hydroquinone yang dapat membantu meringankan hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit. Manfaat utama yang diketahui dari akar manisadalah depigmentasi dan mencerahkan kulit. Berkat kombinasi bahan-bahan yang ampuh, akar manis dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit Anda tanpa risiko efek samping yang berbahaya. Ekstrak akar manis memiliki khasiat 16 kali lebih banyak daripada hydroquinone, tanpa efek samping berbahaya. Bahan aktif utamanya adalah 10-40% glabridin. Glabridin menawarkan 50% penghambatan aktivitas tirosinase (enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin) tanpa toksisitas yang menyertai sel. Glycyrrhizin dapat membantu mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.
Tidak hanya mencegah pembentukan bintik-bintik baru di wajah , tetapi juga memudarkan yang sudah ada, berkat senyawa aktif yang disebut liquiritin yang membantu melarutkan dan menghilangkan melanin yang ada. Itu pasti pencerah kulit alami yang dapat membantu membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan lebih bercahaya!

‍2. Lindungi kulit Anda dari kerusakan

‍Proses penuaan menyebabkan perubahan pada kulit kita, termasuk kerutan, penipisan, dan perubahan warna. Perubahan ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk penurunan produksi kolagen dan elastin, kerusakan akibat radiasi ultraviolet, dan akumulasi molekul oksigen reaktif.
Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang dapat merusak komponen seluler seperti DNA dan protein. Spesies oksigen reaktif adalah jenis radikal bebas yang diproduksi secara alami sebagai produk sampingan dari metabolisme. Namun, paparan stresor lingkungan seperti radiasi UV dapat meningkatkan produksi molekul oksigen reaktif (ROS), yang mengakibatkan stres oksidatif atau ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi secara alami.
Kabar baiknya adalah akar manis dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari ROS dengan membersihkannya sebelum menyebabkan kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.


 

3. Membantu untuk mengurangi peradangan dankluit yang memerah

‍Eeksim dan psoriasis adalah kondisi kulit yang dapat menyebabkan kemerahan, gatal, dan mengelupas. Eksim disebabkan oleh kerusakan pada penghalang kulit yang memungkinkan iritasi dan alergen masuk dan keluar kelembapan. Psoriasis, di sisi lain, adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak sel kulit. Sel-sel ekstra ini menumpuk di permukaan kulit, menyebabkan kemerahan, gatal, dan mengelupas.
Meskipun penyebab pasti dari kedua kondisi kulit tidak diketahui, pada dasarnya hal itu disebabkan oleh kombinasi dari aktivasi sistem kekebalan tubuh, genetika, pemicu lingkungan, dan stres. Kedua kondisi tersebut dapat membuat frustrasi dan sulit untuk dikelola, untungnya, ada perawatan alami yang efektif untuk eksim dan psoriasis. Salah satu yang paling menjanjikan adalah flavonoid.
Flavonoid adalah jenis fitonutrien yang dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran. Mereka memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang membuatnya efektif dalam mengobati berbagai kondisi, termasuk eksim dan psoriasis.Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mengurangi keparahan gejala pada eksim dan psoriasis.
Dalam beberapa penelitian, pasien dengan eksim ringan hingga sedang yang diobati dengan krim yang mengandung ekstrak licorice selama delapan minggu mengalami pengurangan rasa gatal, kemerahan, dan kekeringan yang signifikan. Akar licorice adalah pengobatan alami yang efektif untuk kondisi kulit inflamasi seperti eksim dan psoriasis. Berkat flavonoidnya, akar licorice dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan, gatal, dan kekeringan.
Jika Anda menderita salah satu dari kondisi ini, pertimbangkan untuk menambahkan produk dengan akar manis ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Secara keseluruhan, akar manis adalah bahan yang menenangkan kulit yang sangat bagus untuk kulit yang teriritasi dan meredakan kemerahan.

‍‍4. Mengatur produksi minyak berlebih

‍Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam licorice yang disebut licochalcone dapat mengatur produksi minyak. Ini adalah kabar baik bagi orang yang menderita jerawat, karena sebum merupakan penyumbang utama pembentukan jerawat. Jerawat disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk genetika, hormon, dan peradangan. Ketika kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak sebum, itu dapat bercampur dengan sel-sel kulit mati dan membentuk sumbatan di pori-pori.
Last but not least, licochalcone juga memberikan anti-inflamasi untuk menenangkan kulit berjerawat.
Apapun tujuan perawatan kulit Anda, memasukkan akar licorice ke dalam rutinitas Anda pasti akan memberi Anda beberapa hasil yang mengesankan. Berkat kombinasi kandungan yang kuat, akar licorice adalah cara yang manis untuk kulit yang lebih baik!

Berikut adalah beberapa produk dari DJAMUJAMU yang memiliki akar manis sebagai salah satu bahan utamanya:

Kembali ke blog